5 Software ERP Terbaik di Indonesia dan Manfaatnya untuk Bisnismu

Share this article:

Di masa pandemi, sekalipun kegiatan kita dibatasi dengan bekerja dari rumah, bukan berarti kita nggak bisa produktif, bukan? Bagaimana kalau pengelolaan kegiatan bisnis mulai dari keuangan, pengadaan, dan produksi bisa dilakukan dengan otomatis? Pasti menyenangkan kalau hal ini bisa diwujudkan, maka dari itu, software ERP hadir menjawab kebutuhan tersebut. Yuk kita kenalan dengan software ERP lewat artikel ini. 

Pengertian Software ERP

Buat kamu yang penasaran apa sih software ERP itu, berikut penjelasan mudahya; ERP Software adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning, yang merupakan software atau sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kegiatan bisnis harian milik mereka seperti karyawan, proyek, pengadaan, proyek, pengelolaan keuangan sdm, dan memfasilitasi bisnis dari data yang dihasilkan secara real-time sehingga bisa membantu membuat keputusan bisnis yang tepat. 

Bagaimana? Sudah paham pengertian ERP ya sekarang. Mari kita lanjut ke pembahasan lainnya, yakni apa saja sih manfaat menggunakan ERP software dan ada berapa jenis ERP Software yang paling recommended untuk bisnis kamu? Berikut ulasannya.

4 Manfaat Software ERP untuk Bisnis Milikmu

1. ERP Mampu Meningkatkan Sistem Keamanan Data Bisnis Perusahaan

Sistem software ERP memiliki sistem firewall berlapis dan kuat dimana kebocoran atau kehilangan data jarang sekali terjadi. Bagian terbaiknya, software ERP menggunakan skema sistem monitoring dimana semua akses dipantau secara terpusat sehingga keamananya cukup ketat. Dengan adanya ERP, perusahaanmu bisa tenang dan tidak khawatir lagi soal keamanan data privasi perusahaan. Menarik, bukan?

2. Mau Menghemat Pengeluaran Operasional Bisnis? ERP Bisa Jadi Solusi!

Keunggulan sistem software ERP adalah kemampuannya dalam menjalankan pekerjaan kompleksitas tinggi secara otomatis sehingga pekerjaan manual yang cenderung menyita banyak waktu bisa dipangkas dan di-efisienkan seperti mengurangi tenaga kerja untuk beberapa sektor yang dikerjakan secara manual diganti menjadi otomatis.

3. Forecast Bisnis Bisa Lebih Akurat 

Setiap bisnis harus membuat sebuah prakiraan atau prediksi rencana pengembangan bisnis berdasarkan laporan perkembangan bisnis. Untuk itu, bila terjadi laporan data yang tidak sinkron dan terjadi anomali data, maka pemilik perusahaan tidak bisa membuat prakiraan pengembangan bisnis karena datanya tidak akurat. 

Berbeda bila kamu menggunakan software ERP, ketidakteraturan data pada laporan yang dikirim oleh banyak divisi bisa dipadukan secara otomatis sehingga pengambilan keputusan berdasarkan data untuk membuat prakiraan bisnis bisa jauh lebih akurat.

4. ERP Menyederhanakan Berbagai Tugas Operasional & Meningkatkan Kolaborasi Tim

Keunggulan dari software ERP adalah membantu pemilik bisnis untuk mengerjakan pekerjaan operasional bisnis seperti pemberian gaji pegawai, laporan keuangan, inventaris, dan pekerjaan kompleks lainnya bisa dikerjakan lebih efisien. Terakhir, karena cara kerja ERP menggunakan sistem terpusat, jadi semua divisi bisa mengakses laporan, dokumen, dan data dari divisi lainnya bisa diakses dan dilihat oleh divisi berbeda sehingga tidak usah meminta data manual ke divisi lain karena sistemnya sudah otomatis.

5 Software ERP Terbaik di Indonesia, No 5 Paling Recommended!

Setelah mengenal lebih banyak tentang ERP, pasti kamu ingin memiliki sistem canggih ERP ini, bukan? Maka dari itu, kami sudah buatkan 5 list software ERP terbaik di Indonesia special untuk pembaca kami, berikut ulasannya;

  1. ERP SAP Business One
SAP business one

Contoh Tampilan SAP Business One

Pertama, ada ERP SAP Business One yang merupakan software manajemen bisnis atau usaha yang memiliki fungsi operational automation dimana pekerjaan operasional perusahaan seperti keuangan, pasokan produk, analisis data, penjualan, hingga produksi bisa dikerjakan oleh perangkat lunak satu ini. Software ini terkoneksi pada satu server pusat secara otomatis sehingga bisa diandalkan untuk mengelola banyak data perusahaan. SAP B1 sangat cocok bila diterapkan pada perusahaan kelas menengah dan kecil.   

  1. ERP Dynamics 365
Dynamics 365 ERP

Contoh Tampilan Microsoft Dynamics 365

Kenal dengan brand Microsoft? Nah, Dynamics 365 ini merupakan ERP dan CRM yang mempunyai 3 fitur andalan yang sayang untuk dilewatkan karena perangkat lunak ini sangat cocok untuk perusahaan kamu lho. Fitur ERP ini bisa membantu kamu melakukan integrasi dan peningkatan produktivitas di 3 lini berbeda seperti penjualan, pemasaran, hingga pelayanan pelanggan sekalipun bisa di handle oleh software ini, hebat, bukan?

  1. Oracle Netsuite
Oracle Netsuite

Contoh Tampilan Oracle Netsuite di browser

Ketiga, ada ERP Oracle Netsuite. Well, aplikasi ini tidak hanya fokus pada pekerjaan akuntansi saja, tapi perusahaan juga bisa memanfaatkannya sebagai alat untuk aktivitas operasional bisnis, pengelolaan keuangan, hingga hubungan dengan pelanggan. Fitur unggulan oracle netsuite lainnya adalah financial management, purchasing, inventory, sales, business intelligence, analytics, reporting & customer. ERP ini pun tergolong terjangkau, fleksibel penggunaannya dan ada update serta integrasi internet otomatis.

  1. ERP Sage
Sage 300 erp

Contoh Tampilan ERP Sage

Di posisi ke-4, ada ERP Sage. Software ini cocok digunakan oleh perusahaan skala kecil hingga besar. Keunggulannya adalah bisa membantu bisnis kamu dalam hal peningkatan pertumbuhan dan scaling perusahaan. Kemudian, ERP Sage tergolong software yang cukup handal dalam melakukan efisiensi seluruh pemrosesan operasional, menyederhanakan proses manajemen bisnis seperti aset tetap, manajemen hubungan pelanggan, hingga human capital management.

  1. ERP Odoo
Tampilan Odoo di berbagai gadget

Contoh Tampilan Odoo ERP di gadget favorit Anda

Terakhir, ada Odoo ERP. Sudah penasaran apa keunggulan ERP ini? Mari kita ulas Bersama. Jadi, software Odoo ini terbilang unik karena penggunaannya cukup user-friendly dengan lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia, punya fitur all-in-one yang super lengkap dimana semua kebutuhan perusahaan kamu seperti CRM, penjualan, eCommerce, accounting, inventory, point of sale, project, dan purchasing bisa terpenuhi serta dikerjakan oleh software ini. Tentu dalam praktiknya, fitur-fitur all-in-one ini bisa dipilih beberapa saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu. Hebat, bukan? Jangan puas dulu! Masih banyak kejutan lainnya dari ERP Odoo.

Jadi, kalau kamu mau mendapatkan fitur lebih dari ERP ini, Odoo telah menyiapkan fasilitas app store mandiri yang dibuat oleh developer Odoo. Dan tenang saja, Odoo mendukung cross platform sehingga kamu bisa menginstalnya di perangkat android maupun iOS. Bagian terbaiknya, harga lisensi pengguna Odoo terbilang terjangkau, dengan berinvestasi $8 per user saja setiap bulannya, kamu sudah bisa menggunakan ERP ini, harganya jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan software yang telah kita ulas sebelumnya.


Nah itu dia 5 software ERP terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas kerja di perusahaan atau bisnis milikmu, jadi, kamu tertarik untuk membeli software ERP yang mana?

Bisnis hebatmu dimulai hari ini. Siapkah Anda?
TRENDING NEWS

369

Share this article:

SUBSCRIBE FOR NEWS

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.