Apa itu Odoo ERP?

Share this article:

Bagi orang awam, mendengar nama Odoo ERP pasti masih asing. Ini aplikasi apa? Bisa buat ngapain aja? Apa untungnya untuk bisnis saya? Dan masih banyak pertanyaan – pertanyaan lainnya yang ingin kamu tahu jawabannya. Baiklah, melalui artikel ini, kita akan kupas tuntas pembahasan tentang apa itu Odoo ERP. Jadi, simak terus ya artikelnya!

Pengertian Open Source ERP

Sebelum membahas brand Odoo, ada baiknya kita memahami arti ERP terlebih dahulu. ERP adalah Enterprise Resource Planning. Menurut Wikipedia, ERP adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan dalam bidang integrasi, otomatisasi, proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi, maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

Sedangkan open source adalah sistem perangkat lunak dimana kode sumbernya tersedia untuk umum. Jadi, setiap orang dapat menggunakan dan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri. Namun, untuk memodifikasinya tidak dapat sembarangan, perlu keterampilan dalam bidang teknologi. 

Nah, hubungannya apa antara ERP dan bisnis saya? Tentunya kamu ingin agar bisnis kamu berkembang dengan cepat. Semakin bisnis berkembang, maka akan semakin banyak data yang perlu ditangani. Agar kamu dapat fokus kepada hal yang lebih penting, kamu membutuhkan software ERP yang dapat membantumu mengelola transaksi yang semakin bertambah setiap harinya. Karena setiap jenis bisnis memiliki keunikan dan karakteristiknya masing-masing, maka kamu perlu memilih ERP yang fleksibel dan dapat memenuhi kebutuhan bisnismu. 

Lalu, apakah ada software ERP yang siap dipakai dan secara fleksibel dapat memenuhi kebutuhan bisnis saya? Jangan khawatir, Odoo ERP datang untuk menjawab semuanya!

Apa itu Odoo ERP?

Secara singkat Odoo adalah sebuah sistem atau software manajemen open-source yang sangat mudah untuk digunakan. Odoo memiliki banyak kelebihan sehingga membuat sistem ini didukung oleh banyak komunitas.

Mengutip dari odoo.com, yaitu website resmi dari Odoo itu sendiri, dimana tujuannya dalam bidang bisnis adalah menjadi yang utama dalam menyediakan berbagai aplikasi bisnis yang mudah digunakan untuk kebutuhan bisnis apa pun yang bisa diakses banyak perusahaan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Odoo bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bisnis apapun. Maka dari itu, Odoo menyediakan beberapa edisi alternatif.

Pertama, Odoo Enterprise. Jika kamu membutuhkan sistem ERP dengan fitur yang sangat lengkap dan alur bisnis kamu cukup unik, Odoo Enterprise sesuai untukmu. Edisi ini memungkinkan pengguna untuk menginstall software Odoo pada perangkat pribadi maupun perusahaan. Di samping fiturnya yang sudah sangat lengkap, pengguna masih dapat menambahkan fitur lainnya dengan melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan. 

Kedua, Odoo Online Saas. Jika kamu membutuhkan sistem ERP dengan fitur yang sangat lengkap dan alur bisnis kamu tidak membutuhkan penyesuaian khusus, Odoo Online Saas sesuai untukmu. Walaupun, pengguna tidak dimungkinkan untuk melakukan kustomisasi, namun kepraktisan menjadi poin plus untuk edisi ini. Selain mendapatkan Odoo ERP, pengguna juga telah mendapatkan fasilitas server yang sudah terkoneksi langsung di cloud server Odoo

Ketiga, Odoo Community. Jika kamu membutuhkan sistem ERP dengan fitur yang sederhana, Odoo Community  sesuai untukmu. Edisi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi. Keuntungannya pada edisi ini adalah pengguna tidak perlu membayar sepeserpun untuk mendapatkan akses software.

Untuk Odoo Enterprise dan Community, kamu dapat membuat modul kustomisasi sendiri atau kustomisasi yang sudah ada pun tidak jadi masalah. Tersedia puluhan ribu modul kustomisasi yang sudah tersedia di apps.odoo.com. Namun jangan sampai salah pilih ya, pastikan modul dikembangkan oleh pengembang yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi.Saat ini Odoo menjadi software yang paling banyak di-install di dunia. Tahukah kamu bahwa aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 4.500.000? Wow banyak sekali, bukan? Bahkan market-nya itu sendiri sudah mencakup banyak perusahaan, mulai dari perusahaan kecil atau rintisan (startup) hingga perusahaan besar sekalipun. Jadi, apakah kamu sudah mencoba install Odoo di handphone atau komputer milikmu? Tak kenal maka tak sayang. Jadi kalau belum, yuk install sekarang juga.

Bisnis hebatmu dimulai hari ini. Siapkah Anda?
TRENDING NEWS

19

Share this article:

SUBSCRIBE FOR NEWS

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.