Bagaimana Cara Mempersiapkan Bisnis Kamu Pasca-Pandemi COVID-19

Share this article:

Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai ini memang mengubah segalanya. Dunia bisnis pun tak luput terkena dampaknya. Omzet berkurang, perlu diadakan pengurangan karyawan, pengeluaran harus ditekan, dan lain sebagainya. Namun, bisnis kamu masih tetap bisa berjalan dengan semua keterbatasan ini kok. Kami akan memberimu beberapa cara mempersiapkan bisnis pasca-pandemi COVID-19 ini. Yuk disimak.

1. Maksimalkan Konten di Situs atau Media Sosial Bisnismu

Banyak bisnis yang tidak beroperasi di kala pademi COVID-19 ini, seperti bisnis ritel, salon kecantikan, dan restoran. Agar bisnis tetap berjalan, kamu dapat memakai cara mempersiapkan bisnis pasca-pandemi yang pertama ini. Buatlah lebih banyak konten di situs atau media sosial bisnismu yang mendeskripsikan jasa atau produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu, pelanggan akan lebih tertarik untuk membelinya.

Jika kamu punya bisnis salon kecantikan misalnya, penutupan salon tak akan menghentikanmu dari berbisnis. Kamu bisa menjemput bola dengan mencantumkan menerima jasa home service. Tentunya harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti yang telah diwajibkan oleh pemerintah.

2. Evaluasi Ulang Kinerja Selama Pandemi

Kondisi bisnis sebelum dan pasca-pandemi pastinya berbeda. Ada yang jam operasionalnya dikurangi, bahkan berhenti beroperasi sama sekali. Keadaan ini tentunya sangat baru bagi kita. Oleh karena itu, bisnis harus disesuaikan sedemikian rupa lewat serangkaian evaluasi. Lakukan cara kedua ini untuk mempersiapkan bisnismu pasca pandemi COVID-19 ini.

Kamu harus paham betul kondisi bisnismu pada kala ini. Mulai dari keadaan di sektor usaha sejenis, peran usahamu di masa pandemi, hambatan-hambatan yang mungkin akan dihadapi, juga cari tahu kondisi pesaing bisnismu. Dari hasil research ini, kamu bisa menentukan langkah bisnis kedepannya dan menyusun rencana untuk pasca-pandemi. Bagaimanapun juga jangan sampai bisnismu terpuruk dan harus bangkit kembali, ya.  

3. Perbanyak Pertemuan Virtual

Karena di masa pasca-pandemi COVID-19 ini banyak kantor yang terpaksa menerapkan WFH atau bekerja dari rumah, kegiatan rapat pun juga harus dilakukan secara virtual. Rapat secara virtual sama pentingnya seperti rapat offline. Justru pertemuan virtual harus diperbanyak guna meminimalisir kesalahpahaman, apalagi rapat virtual bisa dilakukan di mana saja dengan mudah.

Pertemuan virtual diprediksi akan tetap ada selama beberapa tahun ke depan, lho. Ini tidak hanya berlaku untuk bisnis tradisional, tapi juga berlaku untuk banyak hal lain di kehidupan kita misalnya, konsultasi dengan dokter, terapis, bankir, dan bahkan konsultasi ke penata rambut. Ini akan sangat menghemat biaya dan waktu bagi semua pihak yang terlibat.

4. Persiapkan Ulang Sumber Daya dan Fasilitas

Selama masa pandemi, mungkin kamu mengurangi karyawan atau waktu operasional usaha. Di pasca-pandemi, tentunya kamu akan sedikit demi sedikit memulihkan kegiatan usaha. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan ulang sumberdaya manusia dan juga menyediakan fasilitas baru untuk menjalankan rencana-rencana bisnismu.

Contohnya, memberikan penyuluhan kepada karyawan soal bagaimana cara bekerja dari rumah secara efektif dan efisien. Mereka yang masih kaku dengan teknologi harus diberi perhatian lebih. Lalu, kamu juga harus mendukung kegiatan WFH mereka dengan fasilitas yang dibutuhkan seperti laptop, anggaran internet, dan lain-lain. Dengan begitu bisnis tetap jalan dan karyawan pun bisa beradaptasi.

Itulah beberapa cara mempersiapkan bisnis kamu pasca-pandemi COVID-19. Kami harap cara-cara di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai bisnis lagi di masa ini. Pantang menyerah dan tetap jaga kesehatan ya, Teman-teman.

About Nurosoft
Nurosoft Consulting became Indonesian Odoo partner in 2015 and since then have successfully implemented Odoo projects in Hong Kong, Australia, Singapore, India, Thailand, and Indonesia. Today, Nurosoft is a certified gold partner with experience in a range of business sectors and sizes including eCommerce, retail, manufacturing, and distribution. Learn more about Nurosoft Consulting.

Bisnis hebatmu dimulai hari ini. Siapkah Anda?
TRENDING NEWS

120

Share this article:

SUBSCRIBE FOR NEWS

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.