Sesuaikan Budget Anda untuk Memilih ERP yang Tepat

Share this article:

Teknologi memberi dampak paling banyak dalam dunia bisnis. Yang biasanya dikerjakan manual dan membutuhkan waktu lama, sekarang dapat menjadi lebih sederhana. Namun semua juga tidak ada yang mudah, perlu menerapkan software khusus agar semua berjalan sempurna.

Salah satu yang harus dimiliki setiap perusahaan adalah software ERP.  ERP merupakan aplikasi bisnis yang di dalamnya terdapat beberapa fitur atau modul yang digunakan untuk membantu majunya perusahaan. Ada marketing, accounting, purchasing, dll.

Penerapan ERP di perusahaan tidak bisa dilakukan sendiri, dibutuhkan bantuan mitra ERP professional. Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih sebuah ERP. Salah satunya adalah budget.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan pada saat menyusun budget untuk software ERP. Disimak yuk!

Deployment Model dan Jumlah User

Apakah software ERP menggunakan on-premise model atau cloud model? Jika on-premise, maka perusahaan perlu menyediakan dan mengatur infrastruktur sehingga software ERP dapat diakses dengan baik, seperti menyediakan komputer server dan karyawan IT untuk mengelola server. Jika cloud, maka perusahaan perlu menyewa pihak penyedia server cloud.

Begitu pula untuk jumlah user atau pengguna software ERP. Berapa jumlah karyawan yang akan diberikan akses login ke software ERP? Beberapa software ERP memberikan biaya berdasarkan jumlah user. Jadi, jangan lupa ditentukan dulu ya sesuai kebutuhan perusahaan kamu.

Training dan Support

Agar software ERP dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal, maka kamu perlu mengetahui dengan baik cara pemakaian dari software ERP tersebut. Pastikan kamu telah menghitung biaya pelatihan karyawan yang akan dikeluarkan hingga semua karyawan merasa nyaman untuk menggunakan software ERP yang baru tersebut di dalam operasional sehari-harinya.

Selain itu, pastikan kamu juga telah memperhitungkan biaya support dari mitra ERP terkait. Support tersebut mencakup support penggunaan jika kamu bingung akan pemakaian software ERP, maupun support perawatan software jika terdapat bug.

Investasi Hardware Baru atau Tidak

Hal ini juga harus menjadi bahan pertimbangan, apakah perlu membeli hardware baru atau tidak. Jangan sampai perangkat keras perusahaan tidak mendukung software ERP yang dipilih. Perangkat keras sudah lama atau ketinggalan zaman, sehingga menghambat atau bahkan tidak bisa digunakan untuk ERP yang dipilih. 

Beberapa kendala yang dapat terjadi karena perangkat keras sudah terlalu lama adalah lemot, RAM tidak mencukupi, dan lain sebagainya. Jadi, sebelum memutuskan memilih software ERP, cek dulu kondisi perangkat keras perusahaan. 

Fungsi Khusus Industri atau Tidak

Terdapat banyak software ERP yang sudah siap dipakai dan sudah mencakup fitur-fitur yang lengkap di dalamnya. Seperti Odoo ERP. Odoo ERP telah memiliki fitur sales, purchase, inventory, accounting, manufacture, dan lain sebagainya. Odoo ERP dapat digunakan oleh berbagai bidang usaha retail dan manufaktur. Jika perusahaan memiliki siklus bisnis pada umumnya, maka kamu dapat memilih software ERP seperti Odoo ini.

Jika perusahaan membutuhkan fungsi khusus industri, misalkan perusahaan pengangkutan, maka kamu dapat memilih software ERP seperti Flits. Flits adalah Truck Management Software (TMS) di dalamnya terdapat fitur untuk mengelola penjualan, operasional truck, penagihan, dan accounting.

Tentunya setiap software ERP memiliki nilai biaya yang berbeda-beda, dengan mengetahui jenis ERP mana yang perusahaan butuhkan, kamu dapat dengan lebih tepat dalam menyusun budget.

Perlu diingat bahwa membuat software ERP merupakan sebuah keputusan besar. Jangan sampai sudah mengeluarkan budget yang banyak, tetapi hasil yang didapat tidak menguntungkan. Itu berarti kamu salah dalam menyusunnya. Cara di atas dapat membantu agar budget dapat disusun dengan tepat. So, jangan lupa dipraktekin yaaa!

Bisnis hebatmu dimulai hari ini. Siapkah Anda?
TRENDING NEWS

27

Share this article:

SUBSCRIBE FOR NEWS

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.