5 Tips Menjaga karyawan Tetap Produktif Selama Work from Home

Share this article:

Pandemi akibat virus Covid-19 yang marak di seluruh belahan dunia saat ini masih berlangsung. Setelah kurang lebih satu setengah tahun lamanya kita terpaksa beradaptasi, ternyata masih akan terus begitu sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Maka dari itu, pemerintah kembali mencanangkan PPKM yang lebih ketat dari sebelumnya. Yang paling terkena dampat selain dalam bidang pendidikan, tentu saja dalam bidang bisnis. Adanya kembali peraturan 50% karyawan bekerja dari rumah, membuat kamu sebagai business owner perlu memutar otak kan? Tapi tidak perlu khawatir, disini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar karyawan tetap produktif selama work from home. Yuk disimak!

Work From Home
Illustrasi pegawai bekerja dari rumah selama PPKM (Foto: Pexels / Andrea Piacquadio)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Bangun Efektivitas Alur Kerja

Tentu tidak mudah untuk beradaptasi dari yang biasa dikantor menjadi work from home. Pastinya banyak perkerjaan yang akan tertunda jika tidak mengatur strategi yang benar. Tentu ini menjadi tanggung jawab kamu agar semua terkendali. Nah, hal yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan teknologi. Kamu bisa buat satu platform yang didalamnya sudah memiliki banyak fitur. Dimana platform tersebut bisa diakses secara bersamaan oleh anggota tim. Jadi membuat hasil kerja tidak berceceran. 

2. Jalin Komunikasi Baik

Tidak bertemu langsung akibat work from home bukan berarti komunikasi pun seadanya dengan karyawan. Justru sebaliknya, kamu harus lebih memperhatikan. Ini pastinya menjadi beban tersendiri untuk masing – masing orang. Kamu bisa menggunakan alat komunikasi apapun untuk setidaknya menanyakan kabar, lancar atau tidaknya pekerjaan, dll. Sehingga para karyawan akan semangat dan terus produktif.

3. Buat Ritme Kerja Tepat

Selama work from home, para karyawan biasanya malas untuk bangun pagi “Ahh kerja dari rumah ini”. Hal tersebut jika dibiarkan akan membuat pekerjaan semakin tidak produktif. Nah, kamu bisa buat ritme kerja yang tepat. Misalnya menerapkan jam kantor seperti biasa. Waktu bekerja di kantor masuk jam 8 keluar jam 4. Dirumah pun harus dilakukan. Kamu bisa buat absensi virtual melalui aplikasi apapun.

4. Beri Peluang untuk Interaksi Sosial

Sebagai seorang pemimpin yang baik, kamu perlu bersikap santai sedikit agar karyawan selalu merasa enjoy. Bekerja work from home tidak mudah. Psikis karyawan pun harus kamu perhatikan. Nah, saat kerjaan tidak sedang hectic, kamu bisa ngobrol santai bersama karyawan secara virtual. Bisa sambil ngopi atau minum teh bareng, asik banget kan?

5. Berikan Fasilitas Internet

Work from home menghambat aktivitas kerja? Tentu saja. Salah satunya bisa dari sinyal. Yang biasa dikantor tersedia wifi gratis untuk melakukan pekerjaan, sedangkan dirumah mengandalkan internet yang sinyalnya kadang ilang – ilangan. Ini bisa jadi alasan karyawan kamu tidak produktif. Maka dari itu, untuk meminimalisir adanya kendala, kamu bisa berikan subsidi internet yang memadai. Ini pasti membuat karyawan kamu semakin produktif dan semangat untuk melakukan pekerjaan. 

Walaupun work from home, sebagai pemimpin kamu perlu menerapkan strategi yang baik agar pekerjaan bisa terorganisir. Bagaimana, dari 5 tips diatas mana yang sudah kamu lakukan?

About Nurosoft
Nurosoft Consulting became Indonesian Odoo partner in 2015 and since then have successfully implemented Odoo projects in Hong Kong, Australia, Singapore, India, Thailand, and Indonesia. Today, Nurosoft is a certified gold partner with experience in a range of business sectors and sizes including eCommerce, retail, logistics, manufacturing, and distribution. Learn more about Nurosoft Consulting.

 

Bisnis hebatmu dimulai hari ini. Siapkah Anda?
TRENDING NEWS

10

Share this article:

SUBSCRIBE FOR NEWS

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.