Inilah 5 Jenis Laporan Keuangan yang Dibutuhkan Perusahaan

Share this article:

Setiap perusahaan pasti mempunyai laporan keuangannya masing-masing. Hal ini guna untuk memantau kinerja perusahaan. Apakah perusahaan menghasilkan profit atau tidak, jumlah pengeluaran sesuai kebutuhan atau tidak, sumber dana sudah teralokasi dengan merata atau belum, dan lain-lain. Singkatnya laporan keuangan adalah informasi finansial suatu perusahaan dalam periode tertentu. Selain bermanfaat bagi pihak perusahaan itu sendiri, laporan akuntansi juga bermanfaat bagi investor untuk mempertimbangkan investasinya. Inilah 5 jenis laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan.

Illustrasi Laporan Keuangan
Illustrasi Laporan Akuntansi (Foto: Pexels)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas atau yang biasa disebut cashflow statement ini digunakan untuk menunjukkan aliran keluar-masuknya kas perusahaan pada satu periode. Kas masuk bisa  berasal dari pinjaman/modal/pendanaan yang didapat perusahaan. Sedangkan kas keluar antara lain beban/biaya yang harus dibayarkan perusahaan atas semua kegiatan operasional bisnis. Setiap aliran dana masuk dan aliran dana keluar harus dicatat serinci mungkin tak peduli sekecil apa jumlahnya. Laporan ini berguna untuk menyusun laporan pertanggungjawaban. Selain itu laporan arus kas jelas juga bisa menyelamatkan perusahaan dari potensi kebocoran kas.

2. Laporan Laba Rugi

Sesuai dengan namanya laporan ini menunjukkan apakah perusahaan untung atau malah mengalami kerugian dalam satu periode waktu tertentu. Laporan jenis ini digunakan stakeholder atau pihak terkait untuk menilai kinerja bisnis yang sedang berjalan. Selanjutnya, mereka bisa menentukan langkah selanjutnya yang perlu diambil. Selain pengeluaran dan pemasukan, di laporan laba rugi ini juga terdapat informasi berapa jumlah pajak yang harus dibayar. Oleh karena itu laporan jenis ini sangat dibutuhkan perusahaan.

3. Laporan Perubahan Modal

Laporan ini sangat krusial dalam mengetahui perkembangan perusahaan setelah sekian lama beroperasi. Apakah jumlah modal yang dimiliki perusahaan bertambah atau tidak?  Faktor yang membuat jumlah modal bertambah atau berkurang juga dapat dilihat melalui laporan ini. Dengan begitu, perusahaan bisa mengambil langkah selanjutnya yang lebih efektif.

4. Laporan Neraca

Secara umum neraca adalah jenis laporan yang menunjukkan seluruh informasi kondisi keuangan perusahaan pada tanggal yang ditentukan. Dalam jenis laporan ini kamu akan memperoleh data tentang jumlah aktiva (harta atau aset), kewajiban (utang) dan ekuitas atau modal perusahaan. Tiga elemen akuntansi tersebut (aset, ekuitas, dan liabilitas) sangat penting untuk terus dipantau. Selain itu, modal saham perusahaan juga dapat dilihat di jenis laporan keuangan ini, seperti modal awal, modal yang ditempatkan, serta agio dan disagio saham. Oleh karena itu, perusahaan wajib membuat laporan neraca ini. 

5. Catatan Laporan Keuangan

Pembuatan laporan ini berkaitan dengan jenis laporan lainnya.  Contohnya, dalam menyerahkan laporan perubahan modal, harus ada laporan lain yang merincikan laporan perubahan modal tersebut. Tujuannya untuk memberi penjelasan lebih lanjut mengenai setiap hal yang tertera di laporan-laporan keuangan tersebut, menunjukkan alasan mengapa data keuangan tersebut disajikan, serta memahami laporan lainnya lebih mendalam.   

Itulah 5 jenis laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kamu wajib membuatnya guna memantau keadaan finansial perusahaan sendiri. Laporan akuntansi itu sangat penting untuk perusahaan, lho. Oleh karena itu, kamu harus membuatnya dengan teliti dan rinci. Bagi kamu yang masih belum memiliki software akuntansi, Odoo ERP mampu membentuk seluruh laporan akuntansi diatas secara otomatis dan akurat loh! Jadi Anda bisa fokus ke hal-hal yang lebih penting seperti analisa bisnis dan ekspansi usaha Anda. Untuk melihat demonya, Anda bisa langsung hubungi Nurosoft sebagai official Odoo Gold Partner Odoo. 

About Nurosoft
Nurosoft Consulting became Indonesian Odoo partner in 2015 and since then have successfully implemented Odoo projects in Hong Kong, Australia, Singapore, India, Thailand, and Indonesia. Today, Nurosoft is a certified gold partner with experience in a range of business sectors and sizes including eCommerce, retail, manufacturing, and distribution. Learn more about Nurosoft Consulting.

Bisnis hebatmu dimulai hari ini. Siapkah Anda?
TRENDING NEWS

21

Share this article:

SUBSCRIBE FOR NEWS

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.