Realfood, Tingkatkan Efisiensi Operasional dengan Integrasi Odoo

Dalam era digitalisasi yang terus berkembang, integrasi teknologi menjadi kunci untuk mempertahankan daya saing dan meningkatkan efisiensi operasional. Realfood, sebuah perusahaan manufaktur makanan dan minuman (F&B) terkemuka di Indonesia, menyadari pentingnya hal ini dan memutuskan untuk melakukan upgrade dari sistem lama mereka yang menggunakan Zahir dan Microsoft Excel ke Odoo Enterprise 14. Dengan jumlah pengguna mencapai 205 orang dan berbagai aplikasi yang diinstal, seperti CRM, Sales, Purchase, Inventory, Accounting, Approvals, Helpdesk, Manufacturing, Quality, Maintenance, Project, Documents, dan eSign, Realfood berharap dapat mengoptimalkan operasional mereka dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi.

 

realfood

 

Kebutuhan Akan Sistem yang Terintegrasi

 

Sebelumnya, Realfood mengalami beberapa masalah signifikan yang menghambat efisiensi operasional mereka. Masalah-masalah tersebut meliputi:

 

  1. Tidak Ada Stok dan Pergerakan Inventaris Waktu Nyata: Sistem inventaris yang tidak terintegrasi menyebabkan kurangnya transparansi dalam pemantauan stok. Hal ini mengakibatkan kesulitan dalam menjaga ketersediaan produk dan memperkirakan kebutuhan produksi secara akurat.
  2. Tidak Ada Biaya Produksi dan COGS Real-Time: Penggunaan Microsoft Excel untuk mencatat biaya produksi dan COGS (Cost of Goods Sold) membuat informasi keuangan tidak dapat diperoleh secara real-time, sehingga menghambat pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
  3. Catatan Transaksi Pasar Manual: Pengelolaan transaksi dari berbagai platform e-commerce secara manual memakan banyak waktu dan rentan terhadap kesalahan input data, yang pada akhirnya dapat mengurangi efisiensi kerja dan akurasi laporan penjualan.
  4. Kurangnya Transparansi untuk Distributor dan Reseller: Distributor dan reseller tidak memiliki akses yang memadai untuk memantau pendapatan, komisi, dan promo mereka, sehingga menyulitkan mereka dalam merencanakan strategi penjualan dan pemasaran yang efektif.

 

Solusi dari Nurosoft melalui Odoo Enterprise 14

 

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, Nurosoft, sebagai mitra Odoo, memberikan solusi yang komprehensif dengan mengimplementasikan Odoo Enterprise 14. Beberapa solusi utama yang ditawarkan antara lain:

 

  1. Pelacakan Inventaris dan Perhitungan COGS Real-Time: Dengan Odoo, Realfood dapat melacak stok dan pergerakan inventaris secara real-time. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui jumlah stok yang tersedia secara tepat waktu, sehingga dapat mencegah kekurangan atau kelebihan stok yang dapat berdampak negatif terhadap operasional.
  2. Integrasi ke Platform E-Commerce: Integrasi Odoo dengan berbagai platform seperti Midtrans, Raja Ongkir, Shopee, Tokopedia, Grabexpress, dan Gosend memungkinkan Realfood untuk mengelola transaksi dari berbagai saluran penjualan secara terpusat. Ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga mengurangi risiko kesalahan input data yang terjadi akibat pengelolaan transaksi secara manual.
  3. Portal Pelanggan untuk Distributor dan Reseller: Odoo menyediakan portal pelanggan yang memungkinkan distributor dan reseller untuk melihat pendapatan, komisi, dan promo mereka secara real-time. Transparansi ini membantu mereka untuk merencanakan strategi penjualan yang lebih baik dan meningkatkan kolaborasi dengan Realfood.

 

Manfaat Implementasi Odoo bagi Realfood

 

Implementasi Odoo Enterprise 14 memberikan berbagai manfaat bagi Realfood, di antaranya:

 

Efisiensi Operasional yang Lebih Tinggi

 

Dengan sistem yang terintegrasi, proses operasional menjadi lebih efisien dan transparan. Pengelolaan inventaris, produksi, dan penjualan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat, sehingga mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas.

 

Peningkatan Akurasi Data

 

Integrasi sistem mengurangi risiko kesalahan data yang sering terjadi pada pengelolaan manual. Data yang akurat sangat penting untuk pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam bisnis.

 

Transparansi yang Lebih Baik

 

Dengan portal pelanggan, distributor dan reseller dapat memantau kinerja mereka secara langsung, sehingga meningkatkan kepercayaan dan kolaborasi dengan Realfood. Hal ini juga membantu Realfood untuk menjaga hubungan yang baik dengan mitra bisnis mereka.

  • Penghematan Waktu dan Biaya: Integrasi dengan berbagai platform e-commerce mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengelola transaksi secara manual. Selain itu, pelacakan biaya produksi dan COGS secara real-time membantu Realfood untuk mengontrol biaya dengan lebih efektif.

 

Tantangan dalam Mengintegrasikan Odoo

 

Meskipun banyak manfaat yang diperoleh, integrasi Odoo juga memiliki tantangan tersendiri. Beberapa tantangan yang dihadapi Realfood dalam proses ini antara lain:

 

Penyesuaian Sistem

 

Penyesuaian sistem dari Zahir dan Microsoft Excel ke Odoo membutuhkan waktu dan usaha yang cukup besar, terutama dalam hal migrasi data dan pelatihan pengguna untuk memahami dan mengoperasikan sistem baru.

 

Pengelolaan Perubahan

 

Perubahan sistem dapat menyebabkan resistensi dari karyawan yang sudah terbiasa dengan sistem lama. Diperlukan pendekatan manajemen perubahan yang efektif untuk memastikan semua pihak dapat beradaptasi dengan baik terhadap sistem baru.

 

Investasi Awal yang Tinggi

 

Meskipun dalam jangka panjang implementasi Odoo dapat menghemat biaya, investasi awal untuk lisensi, implementasi, dan pelatihan pengguna bisa cukup besar. Namun, ini sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi operasional.

 

Kesimpulan

 

Integrasi Odoo Enterprise 14 oleh Realfood menunjukkan komitmen perusahaan untuk terus berinovasi dan meningkatkan efisiensi operasionalnya. Dengan solusi yang ditawarkan oleh Nurosoft, Realfood mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi sebelumnya, mulai dari pengelolaan inventaris hingga transparansi untuk distributor dan reseller. Ke depan, penggunaan teknologi yang tepat akan semakin memperkuat posisi Realfood di industri F&B, meningkatkan daya saing, dan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan.

 

Dengan memanfaatkan Odoo, Realfood tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis yang lebih baik. Ini adalah langkah strategis yang patut dicontoh oleh perusahaan lain yang ingin terus maju di era digital ini.

Bagikan

Artikel Lainnya

Mari kita bicara tentang proyek besar Anda berikutnya

Hubungi kami dan kami akan menghubungi Anda.
Salah satu anggota tim kami akan segera menghubungi Anda kembali.

Dapatkan berita terbaru tentang Nurosoft dan tetap terhubung dengan kami

Ikuti kami